Tutorial: Memisahkan Bandwidth Local (IIX) dan International (INTL)

Untuk mengatasi beberapa ISP yang selalu memberikan b/w ke INTL lebih lambat ketimbang IIX karena b/w ke INTL cenderung lebih mahal. Coba bayangkan jika kita memlimiter atau membagi b/w di warnet, rt/rw-net maupun di kantor berdasarkan b/w yang terbesar didapat yaitu IIX padahal INTL hanya setengah bahkan sepertempatnya dari IIX, apa yg terjadi jika semua client browsing menuju koneksi INTL sedangkan pembagian QOS di TC berdasarkan IIX?! Tentunya akan terjadi berebutan b/w bahkan akan ada yang tidak kebagian b/w.

Selama ini pemisahan b/w IIX dan INTL lebih banyak dilakukan di Distro Mikrotik yang tidak opensource apalagi berbayar license-nya. Selain di distro Mikrotik juga bisa dilakukan di distro lainnya dengan menggunakan HTB-Tools atau CBQ tetapi sangat merepotkan karena kita harus menangkap dan menandai data yang lewat ke tujuan IP IIX (sering disebut MARK) dan terkadang membuatnya tidak semudah itu.

WebHTB, adalah sebuah tools yg mirip dengan HTB-Tools namun lebih user-friendly karena Web-GUI (Web base) yang tinggal click sana dan click sini di program web-browsing clinet. Dengan sedikit merombak pemprograman php-nya dan dipadu dengan database IP IIX milik Mikrotik, jadilah WebHTB mengatur b/w dengan memisahkan besaran b/w IIX dengan INTL.

Silahkan di-download…
1. Tutorial bagaimana install WebHTB 2.9.25
2. Source WebHTB 2.9.25

Mirror lainnya…
1. Tutorial bagaimana install WebHTB 2.9.25/WebHTB_V2.9.25.pdf
2. Source WebHTB 2.9.25

Pembelajaran Karakteristik HTB pada WebHTB…
http://opensource.telkomspeedy.com/f…ic.php?id=8520

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: